Senin, 30 Oktober 2017

CARA MEMBUAT PROSES BELAJAR YANG MENYENANGKAN

Oleh : Kak Pujianto SPd

Bagaimana sih agar kegiatan belajar menjadi proses yang menyenangkan bagi ke duabelah pihak tentunya pihak yang di ajar dan yang mengajar? mudah kok, bagaimana caranya? caranya sangat mudah karena sebagian teman-teman guru sebenarnya bisa melakukannya dan caranya bukan cara yang membutuhkan kursus atau wokshop yang berhari hari, lalu bagaimana?

1. Jadilah guru yang bergairah
Jangan jadi gur yang loyo, kenapa banyak guru loyo bahkan terlihat sangat lelah, mukanya cemberut dan jauh dari gaerah. Guru yang tidak bergaerah akan membuat kelas tidak menyenangkan, ingat keceriaan anak-anak itu di pengaruhi oleh guru yang bergaerah.

2. Guru harus berfikir positif
Jangan mudah berfikir negatif, tapi berfikir positif, kalau pikiran kita positif maka biasanya apa yang kita kerjakan akan menghasilkan yang positif, pandang anak-anak dengan positif, pandang rekan guru di sekolah kita dengan positif, jangan mudah berprasangka buruk dengan orang lain termasuk dengan anak-anak didik kita



3. Hargai setiap proses anak didik kita
Dalam mengajar kita juga harus menghargai proses tidak semata hasil. Seringkali guru menilai dan menghargai murid dari hasil akhir saja. Sementara proses yang dijalani siswa selama menjalani proses belajarnya jarang di apresiasi.


4. Kuasai suasana kelas
Dalam faktanya keberhasilan didalam kelas sangatlah dipengaruhi bagaimana kemampuan guru untuk mampu mengalihkan situasi dari yang membosankan , membuat ngantuk, menjenuhkan dan tegang menjadi relaks, bersemangat, tidak membuat mengantuk, serta ada perhatian dan ada rasa senang untuk mendengarkan atau melihat orang yang berbicara di depan kelas atau di ruang pertemuan. Dan itulah peran yang dilakukan oleh konsep Ice breaker.

5. Jadilah Huru yang Kreatif
Memahami dan menguasai Ice Breaker dalam mengajar, akan mampu membuat kita jadi guru dan pendidik yang kreatif dan menyenangkan dimata murid-muridnya. Mampu membangkitkan gairah belajar dan memberikan kesan yang menyenangkan ketika belajar.

Tips di atas hanyalah sebagian cara agar kelas menyenangkan, namun masih banyak pembahasan lainya.
Kalau mau dapat artikel atau Tips tips lainya silahkan sertakan email bapak dan ibu dan kirim melalui WA. 0812 8641 0808 Gratis !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

OUTBOUND KIDS