Selasa, 07 Februari 2012

PERENCANAAN MASA DEPAN ANAK


Oleh : Pujianto
Perencanaan masa depan adalah hal yang penting, dan lebih baik bila dimulai sedini mungkin. Bagaimana mendidik anak Anda untuk merencanakan masa depannya? Di usia balita, seorang anak belum mampu untuk merencanakan masa depannya. Tetapi bukan berarti kita sebagai orang tua tidak dapat mengajarkan mereka untuk mulai merencanakan masa depan mereka. Salah satu yang dapat anda ajarkan di usia mereka adalah dalam mendidik sisi mental dan spiritual mereka, selain menjaga tubuh mereka sehat dan otak mereka cerdas.

Cara-cara untuk mendidik anak anda untuk siap menghadapi masa depannya adalah sejak kecil mengajar mereka untuk berinteraksi dan bersosialisasi di dunia luar. Mulai dari lingkaran sosial terdekat seperti keluarga, dan perlahan mulai kembangkan dengan mengajak ia berinteraksi dengan teman sebaya, maupun orang dewasa. Dengan cara ini, seorang anak akan terbiasa untuk bertoleransi dengan orang lain, mempunyai batasan untuk perilakunya (sehingga ia tidak bersikap kasar kepada orang lain), dan pada akhirnya, membantu anak anda untuk mencapai sukses di saat ia mulai dewasa.

Apa yang anda berikan dan ajarkan pada anak anda baik secara fisik, emosi, mental maupun spiritual menentukan apa yang akan mereka terapkam di dalam hidup mereka. Contohnya, bila Anda mengajar anak Anda dengan memberikan banyak pertanyaan untuk membantu kecerdasan otaknya, mereka akan tumbuh menjadi anak-anak yang mempunyai rasa ingin tahu yang tinggi. Bila anak Anda diajarkan untuk berdoa bersama Anda dan keluarga, mereka akan menaruh nilai di hal-hal spiritual.

Selain itu, Anda bisa mempersiapkan anak Anda untuk masa depan dengan membangun rasa percaya diri mereka. Untuk ini, sangatlah penting untuk mencoba hal-hal baru bersama. Selesaikan berbagai proyek berdua. Pasang musik yang membangun pada saat Anda bermain dengannya sebagai latar belakang. Perhatikan apa yang anak Anda sukai atau apa yang menarik perhatian mereka dan lakukan bersama-sama, sehingga mereka bisa tumbuh menjadi anak-anak yang percaya diri dan siap menghadapi hidup.
Pada akhirnya, Anda akan sangat membantu anak Anda merencanakan masa depannya dengan memberikan contoh lewat hidup Anda sendiri.

Bila ia tumbuh di keluarga yang selalu merencanakan segala sesuatu dengan rapi, membiasakannya untuk selalu datang tepat waktu baik di pre-school maupun saat berkumpul dengan keluarga dan teman, dan selalu siap untuk segala keadaan, anak Anda pun akan belajar dengan sendirinya untuk selalu merencanakan segala sesuatu sejak dini

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar